Blog ini Membahas tentang pendidikan perhotelan dari semua departemen hotel

Tugas Tugas dan Tanggung Jawab Front Office di Hotel dan Vila

Bertanggung jawab untuk menerima telephone masuk/ keluar, dan mengambil pesan (message) untuk tamu serta Melakukan wake up call sesuai permintaan tamu, dengan sopan dan efisien.

google image - Front Office

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
I.     Operasional
1.         Bertanggung jawab untuk menerima telephone masuk/ keluar dengan mempergunakan standard greeting yang telah ditetapkan oleh perusahaan (hotel). Menyambungkan telephone kepada tamu dengan benar dan penundaan minimum.
2.         Mempersiapkan telephone control sheet.
3.         Mengambil dan meneruskan/ mengirimkan pesan (message) kepada tamu, maupun internal komunikasi.
4.         Melaksanakan wake up call dan paging jika diperlukan.
5.         Mengoperasikan peralatan antara lain: switchboard, fax machine dan lain-lain. Menjaga dan merawat peralatan, serta melaporkan bilamana diperlukan perbaikan.
6.         Menangani keluhan tamu.
7.         Memonitor in house music dan video program serta memastikan setiap program sesuai jadwal.
8.         Mengetahu dan mampu menerangkan kepada tamu hal-hal sebagai berikut :
a.     Outlet Food & Beverage: jam operasional, promosi yang sedang berlangsung, lokasi, dan lain lain.
b.     Kamar: tipe, rate, luas, dan lain-lain.
c.     Fasilitas tamu lainnya: Health Club, Sport Facilities, Shopping Arcade, dan lain-lain.
d.     Major city attractions, special event dll.
9.         Menjaga hubungan baik dengan tamu dengan menggunakan pendekatan professional, antara lain mempergunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
10.      Menguasai dengan rinci prosedur dan kebijakan mengenai emergency (gawat darurat), dan melaksanakannya bila diperlukan.
11.      Memperhatikan kebersihan dan perawatan area kerja beserta peralatan.
12.      Logbook diisi dengan data terkini seperti: komentar operasional dan masukan-masukan untuk meningkatkan kinerja.
13.      Mengikuti briefing dan meeting yang berkaitan dengan bagian Front Office.
14.      Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab lain yang berkaitan dengan bagian Front Office.


II.   Kekaryawanan
1.         Berperilaku dan berpenampilan yang baik serta selalu menjadi contoh bagi karyawan, dan membangun hubungan kerja yang harmonis dengan tamu, atasan, rekan sekerja dan keseluruhan karyawan.
2.         Mengikuti program-program pelatihan antara lain: mengenai latihan kebakaran secara berkala, cara melaksanakan pekerjaan, penggunaan peralatan dan lain-lain.
3.         Mengikuti penilaian karya tahunan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
4.         Mengerti dan taat kebijakan perusahaan mengenai kebakaran, kesehatan, keselamatan dan keamanan.
5.         Datang ke tempat kerja tepat waktu, memakai pakaian seragam dan name tag pada setiap waktu serta standard grooming yang benar.
6.         Berperilaku sopan dan memberikan pelayanan profesional pada setiap waktu.
7.         Mengerti dan taat peraturan perusahaan.

                     

Tugas Tugas dan Tanggung Jawab Front Office di Hotel dan Vila Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

2 komentar:


  1. Its like you read my mind! You appear to know so much approximately this, like you wrote the guide in it or something. I believe that you can do with some percent to power the message house a bit, however other than that, this is magnificent blog. An excellent read. I'll definitely be back. gmail email login

    ReplyDelete

  2. Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog stand out. Please let me know where you got your theme. Thanks a lot outlook sign in

    ReplyDelete