Blog ini Membahas tentang pendidikan perhotelan dari semua departemen hotel

Kualifikasi Waiter yang baik



Sebagai seorang waiter yang berhubungan langsung dengan tamu dalam menjalankan tugas melayani makanan dan minuman di restoran, waiter dituntut :


1.    Ramah Tamah
Ø  Memberikan pelayanan tanpa membedakan suku, agama, ras dll.
Ø  Membiasakan menggunakan ungkapan-ungkapan seperti : selamat pagi, selamat menikmati, terima kasih dll.
Ø  Berusaha mengingat dan memanggil dengan menyebut nama, terutama pada tamu pelanggan.
Ø  Bersikap rela membantu dan melayani setiap tamu.
Ø  Menghindari terlibat dalam percakapan agama, politik, dan ras yang dapat menimbulkan perbedaan.
Ø  Menghindari kebiasaan bersiul, mengunyah makanan pada saat bekerja.
Ø  Menghindari merokok, bersin, berkumur, meludah, atau kebiasaan lain yang tidak terpuji di hadapan tamu.

2.    Penampilan Menarik
Penampilan pribadi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus diketahui serta dilaksanakan oleh setiap petugas yang kontak langsung dengan tamu. Karena hal ini sangat besar pengaruhnya dalam usaha memberi kesan pertama yang baik kepada tamu di restoran.

3.    Kesehatan
Kesehatan merupakan hal yang paling penting, karena menyangkut dengan kepentingan umum, terutama dalam hal pekerjaan yang selalu berhubungan langsung dengan makanan dan minuman maupun dengan tamu yang memesan. Kesehatan yang selalu terjaga dengan baik akan sangat menguntungkan bagi pribadi yang bersangkutan, maupun bagi tamu yang dilayani. Menjaga kesehatan yang baik dapat dilakukan dengan :
Ø  Membiasakan diri untuk mandi minimal 2 kali dalam sehari dan menggosok gigi secara teratur.
Ø  Mengganti pakaian secara teratur.
Ø  Membiasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah merokok dan yang terutama setelah dari kamar mandi.
Tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan dan merupakan suatu pelanggaran pada saat menjalankan tugas :

Ø  Lupa mengucapkan terima kasih pada tamu.
Ø  Berbicara lancang dan kasar
Ø  Memotong pembicaraan tamu
Ø  Menunjukan temperature performance yang berubah-ubah di hadapan tamu.
Ø  Tidak terampil dan tidak memperhatikan kepentingan tamu.
Ø  Makan atau mengunyah makanan ketika sedang bekerja.
Ø  Batuk, meludah, bersin dan merokok di hadapan tamu.
Ø  Bersiul dalam melaksanakan tugas atau operasional.
Ø  Menggenakan pakaian seragam dan sepatu kotor.
Ø  Bertengkar dan membuat keributan di saat bekerja.

Ø  Mengharapkan hadiah atau imbalan dan membedakan tamu.

Kualifikasi Waiter yang baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

1 komentar:

  1. Kurang lengkap. Seharusnya anda juga menjabarkan mengenai SOP maupun Job Descripsion..

    ReplyDelete