Bertanggung jawab untuk carrying luggage, menerangkan fasilitas yang tersedia di kamar kepada tamu, memanggil (paging) tamu dan melaksanakan tugas bantuan lain bila diperlukan.
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
I. Operasional
1. Menyambut (welcome) tamu pada waktu kedatangan (check in), bila mengetahui nama tamu, menyapa tamu dengan nama. Carrying luggage ke meja/counter reception.
2. Mengantar tamu dan membawa luggage ke kamar tamu. Menerangkan kepada tamu mengenai fasilitas-fasilitas yang tersedia di kamar.
3. Membantu tamu pada waktu check out.
4. Memeriksa baggage keluar/ masuk dari storage baggage.
5. Mengurus lost and found item bekerja sama dengan bagian Housekeeping.
6. Mengantar surat dan pesan kepada tamu, serta memanggil (paging) tamu.
7. Menjaga kerapihan Lobby seperti ashtray, meja, kursi, telephone, lost and found, serta memeriksa bola lampu bilamana ada yang padam, mengorder kepada bagian Engineering untuk penggantian.
8. Menerangkan kepada tamu lokasi dari function yang sedang berlangsung, bilamana diperlukan oleh tamu maka akan diantarkan. Mempersiapkan Event Board untuk memberikan informasi kepada tamu mengenai function di hotel.
9. Menjaga kebersihan dan kerapihan front entrance driveway, dan pengawasan traffic di driveway.
10. Mengetahui kedatangan (check in) dan keberangkatan (check out) tamu VIP.
11. Menerangkan kepada tamu hal-hal sebagai berikut :
a. Outlet Food & Beverage: jam operasional, promosi yang sedang berlangsung, lokasi, dan lain lain.
b. Kamar: tipe, room rate, luas, dan lain-lain.
c. Fasilitas tamu lainnya: Health Club, Sport Facilities, Shopping Arcade, dan lain-lain.
d. Major city attractions, special event dll.
12. Memperhatikan kebersihan dan perawatan area kerja beserta peralatan.
13. Logbook diisi dengan data terkini seperti: komentar operasional dan masukan-masukan untuk meningkatkan kinerja.
14. Mengikuti briefing dan meeting yang berkaitan dengan bagian Front Office.
15. Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab lain yang berkaitan dengan bagian Front Office.
II. Kekaryawanan
1. Berperilaku dan berpenampilan yang baik serta selalu menjadi contoh bagi karyawan, dan membangun hubungan kerja yang harmonis dengan tamu, atasan, rekan sekerja dan keseluruhan karyawan.
2. Mengikuti program-program pelatihan antara lain: mengenai latihan kebakaran secara berkala, cara melaksanakan pekerjaan, penggunaan peralatan dan lain-lain.
3. Mengikuti penilaian karya tahunan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
4. Mengerti dan taat kebijakan perusahaan mengenai kebakaran, kesehatan, keselamatan dan keamanan.
5. Datang ke tempat kerja tepat waktu, memakai pakaian seragam dan name tag pada setiap waktu serta standard grooming yang benar.
6. Berperilaku sopan dan memberikan pelayanan profesional pada setiap waktu.
7. Mengerti dan taat peraturan perusahaan.
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
I. Operasional
1. Menyambut (welcome) tamu pada waktu kedatangan (check in), bila mengetahui nama tamu, menyapa tamu dengan nama. Carrying luggage ke meja/counter reception.
2. Mengantar tamu dan membawa luggage ke kamar tamu. Menerangkan kepada tamu mengenai fasilitas-fasilitas yang tersedia di kamar.
3. Membantu tamu pada waktu check out.
4. Memeriksa baggage keluar/ masuk dari storage baggage.
5. Mengurus lost and found item bekerja sama dengan bagian Housekeeping.
6. Mengantar surat dan pesan kepada tamu, serta memanggil (paging) tamu.
7. Menjaga kerapihan Lobby seperti ashtray, meja, kursi, telephone, lost and found, serta memeriksa bola lampu bilamana ada yang padam, mengorder kepada bagian Engineering untuk penggantian.
8. Menerangkan kepada tamu lokasi dari function yang sedang berlangsung, bilamana diperlukan oleh tamu maka akan diantarkan. Mempersiapkan Event Board untuk memberikan informasi kepada tamu mengenai function di hotel.
9. Menjaga kebersihan dan kerapihan front entrance driveway, dan pengawasan traffic di driveway.
10. Mengetahui kedatangan (check in) dan keberangkatan (check out) tamu VIP.
11. Menerangkan kepada tamu hal-hal sebagai berikut :
a. Outlet Food & Beverage: jam operasional, promosi yang sedang berlangsung, lokasi, dan lain lain.
b. Kamar: tipe, room rate, luas, dan lain-lain.
c. Fasilitas tamu lainnya: Health Club, Sport Facilities, Shopping Arcade, dan lain-lain.
d. Major city attractions, special event dll.
12. Memperhatikan kebersihan dan perawatan area kerja beserta peralatan.
13. Logbook diisi dengan data terkini seperti: komentar operasional dan masukan-masukan untuk meningkatkan kinerja.
14. Mengikuti briefing dan meeting yang berkaitan dengan bagian Front Office.
15. Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab lain yang berkaitan dengan bagian Front Office.
II. Kekaryawanan
1. Berperilaku dan berpenampilan yang baik serta selalu menjadi contoh bagi karyawan, dan membangun hubungan kerja yang harmonis dengan tamu, atasan, rekan sekerja dan keseluruhan karyawan.
2. Mengikuti program-program pelatihan antara lain: mengenai latihan kebakaran secara berkala, cara melaksanakan pekerjaan, penggunaan peralatan dan lain-lain.
3. Mengikuti penilaian karya tahunan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
4. Mengerti dan taat kebijakan perusahaan mengenai kebakaran, kesehatan, keselamatan dan keamanan.
5. Datang ke tempat kerja tepat waktu, memakai pakaian seragam dan name tag pada setiap waktu serta standard grooming yang benar.
6. Berperilaku sopan dan memberikan pelayanan profesional pada setiap waktu.
7. Mengerti dan taat peraturan perusahaan.
0 komentar:
Post a Comment