Bertanggungjawabuntukmengarahkanroom
attendantdanmemeriksaguest room/ service area.Memperhatikandanmenjaga
standard kebersihandanproduk.
Membantumengawasidanmengarahkansemuaaspekoperasionaldanadministrasibagianhousekeeping
(floor area), yang manatermasuk; guest room dan corridors.
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
I.
Operasional
1.
Mencatatdanmemberikanmaster keys,
memastikanpengembalianmaster keydanmengisidaftarsign outpadaakhirshift.
2.
Mempersiapkandanmemberikanlaporanmorningroom
status.
3.
Melakukanspot check (padawaktuRoom
Attendantsedangbekerja), memastikandijalankannyaprosedurdanlangkahsesuai
standard. Menindaklanjutikesalahan/ kekurangan yang terjadi.
4.
Menerimadanmelengkapipermintaankhususdaritamu
(pelanggan) antaralain; bantalekstra, selimutdll.
5.
Menjaga standard perawatan, pelayanan, guest
amenities.
6.
KoordinasidenganFront Officemengenaiguest
room status. Melaporkanroom discrepancies, slept outdanout
of order roomskepadaHousekeepersecepatnya (termasukslept out
yang mempunyailight baggage)atauhal-hal yang janggal.
7.
Melaporkan, danmenindaklanjutiperbaikan/
perawatan. Memastikansegalaperalatan, bahankimia, dansupplies yang
dibutuhkantersediadandalamkondisibaiksehinggadapatmenunjangkebutuhanoperasional.
Membuatjadwalpreventive maintenanceuntuksemuaperalatan, melaksanakaninventoryperalatan,
dansupplies.
8.
Memeriksaservice areadanpantries.
MelaporkankepadaHousekeepermengenaikerusakan-kerusakanantara lain: furniture,
fixture (di guest room), corridors dll.
9.
Memesanlinendanroom suppliessetiaphari.
10.
Memberikandukungankepadakaryawanfront
line, sehinggamerekamampumemberikanpelayananterbaikkepadatamu (pelanggan).
Mengelola jam kerjakaryawanhousekeeping (floor area).
11.
Melaksanakanspecial projectsantara
lain: spring cleaning, turning mattress, shampooing of carpets,
scrubbing, strippingdan lain-lain.
12.
Mempersiapkanlaporaninspeksi,
menyelesaikanformulirrequisitiondanwork and maintenance order,
mencatathal-hal yang terjadisetiapharinya, seperti; guest complaint di
log book.
13.
Mengikutibriefing pagidenganExecutive
Housekeeper/Assistant Executive Housekeeper, melakukanbriefingdengankaryawannya.
14.
Melaksanakankewajibandantanggungjawab lain
yang berkaitandenganbagianHousekeeping.
II.
Administrasi
1.
MembantuExecutive Housekeeper/Assistant
Executive Housekeeperdalammengeloladepartmental cost,
memastikantidakmelampauibudget.
2.
Mengelolapemakaianmaterial cleaningdanpersediaan
cleaning suppliesuntukmendukungoperasional.
3.
Mempersiapkanlaporan-laporan yang
ditugaskanolehExecutive Housekeeper /Assistant Executive Housekeeper,
antaralainLost and Damaged item.
III. Kekaryawanan
1.
Melaksanakanemployee orientation,
penilaiankaryatahunan, coaching, counseling,
untuktercapainyakualitasdanproduktifitaskaryawansehinggapengeluaranbiayapayrolldapatdikendalikan.
2.
Berperilakudanberpenampilanyang
baiksertaselalumenjadicontohbagikaryawan, danmembangunhubungankerjayang
harmonisdengantamu, atasan, rekansekerjadankeseluruhankaryawan.
3.
Melaksanakanpelatihanyang
berkaitandenganoperasionalbagiannya, sehinggasetiapkaryawanmempunyaikeahlian,
mampubekerjasendiridankreatifdalammenjalankantugas-tugasnya.
4.
MemastikansetiapkaryawanbagianHousekeepingdandirisendirimengertidantaatkebijakanperusahaanmengenaikebakaran,
kesehatan, keselamatandankeamanan.
5.
MemastikansetiapkaryawanbagianHousekeepingdandirisendiridatangketempatkerjatepatwaktu,
memakaipakaianseragamdanname tagpadasetiapwaktusertastandart grooming yang benar.
6.
MemastikansetiapkaryawanbagianHousekeepingdandirisendiriber-perilakusopandanmemberikanpelayananprofesionalpadasetiapwaktu.
7.
MemastikansetiapkaryawanbagianHousekeepingdandirisendirimengertidantaatperaturanperusahaan.
0 komentar:
Post a Comment